Program Studi Ekonomi Pembangunan

Status Program Studi Ekonomi Pembangunan

Pada tanggal 22 Mei 1986 mendapat status TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 0387/0/1986.

Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013 tanggal 04 April 2013. Terakreditasi " B "

 

Tujuan Pendidikan Tinggi Program Studi Ekonomi Pembangunan

Bertujuan memberikan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dibidang ekonomi pembangunan yang berwawasan Nasional dan Internasional yang beriman, berahlak dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diabdikan kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

Konsentrasi Program Studi Ekonomi Pembangunan

Menghasilkan sarjana ekonomi bidang studi pembangunan yang sopan dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu ekonomi dibidang ekonomi sesuai konsentrasi yaitu:

  1. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Daerah
  2. Ekonomi Pesisir dan Lingkungan
  3. Ekonomi Pembangunan Islam
  4. Ekonomi Keuangan Daerah
  5. Ekonomi Pariwisata

 

Visi Program Studi Ekonomi Pembangunan

Menjadi Program Studi Terkemuka di Sumatera Utara yang Menghasilkan Lulusan Berkarakter Religius serta Unggul di Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan pada tahun 2018.

Misi Program Studi Ekonomi Pembangunan

  1. Membangun jaringan kerjasama ditingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi terkait Ilmu Ekonomi Pembangunan
  2. Mengimplementasikan nilai-nilai Profesional/Proffesional, Ahlak/Atitude, Pengabdian /Devotion, Tanggung Jawab / Integrity (PADI) dalam kegiatan akademik
  3. Mengembangkan Iptek dan Imtaq dengan menggali sumber-sumber ilmu ekonomi pembangunan, ilmu ekonomi pesisir dan lingkungan maupun ekonomi pembangunan islam yang berfaedah untuk kemaslahatan umat melalui penyelenggaraan Pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UNPAB bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang berkarakter religius dan unggul terhadap perencanaan, pembangunan, ekonomi pesisir dan lingkungan maupun Ekonomi pembangunan Islam
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai, teori, konsep dalam bidang ilmunya sebagai sarjana yang mandiri sehingga dapat mengembangkan karirnya dipemerintahan, akademisi, peneliti dan bisnis
  3. Menghasilkan lulusan berkualifikasi nasional dan mampu mengaplikasikan ilmunya untuk menyelesaikan persoalan masyarakat dan pemerintah.